Kamis, 30 Juli 2015

TeknoSains 7 : Windows 10 Gratis ?? Dapet Uangnya Dari Mana yaa ?

By Haekal   Posted at  02.45   News No comments


Sebelum Windows 10, Microsoft tidak pernah menggratiskan software sistem operasi. Sebut saja Windows XP, Vista sampai Windows 8, semua berbayar. Tapi kini Windows 10 tersedia gratis walau ada persyaratannya. Lantas darimana Microsoft mendapat uang?

Menurut Ben Popper dari The Verge, alasan penggratisan Windows 10 adalah untuk menjangkau sebanyak mungkin orang agar upgrade ke OS terbaru itu. Kemudian menarik para developer agar menciptakan aplikasi universal untuk Windows 10 yang bisa bekerja di komputer, ponsel tablet sampai konsol besutan Microsoft.

"Selain menumbuhkan basis usernya untuk menarik para developer, Microsoft berharap bisa menggunakan model freemium, di mana mereka menggratiskan software intinya tapi memonetisasi dengan cara lain," papar Ben.

Microsoft bisa menghasilkan uang dari mereka yang memakai versi premium Office, OneDrive atau Skype. Selain itu, jika makin banyak orang memakai Windows 10 dan banyak memakai mesin cari Bing buatan Microsoft, maka pendapatan iklan dari Bing akan meningkat.

Microsoft juga masih menarik biaya lisensi dari manufaktur PC yang menginstal Windows 10 di komputer baru. Demikian juga penggunaan Windows dan software Microsoft lain untuk perusahaan atau organisasi besar tidaklah gratis.

Windows 10 dirancang multi platform, artinya bisa bekerja di desktop, tablet, smartphone sampai perangkat wearable dan bisa saling berhubungan dengan mudah. Harapannya mungkin, jika orang tertarik memakai Windows 10 di desktop, mereka akan berminat membeli produk atau layanan Windows 10 yang lain. 

"Ada 1,5 miliar pengguna Windows OS di seluruh dunia. Kesempatan besar bagi developer karena dengan Windows 10 sekarang semuanya jadi satu platform, satu sistem operasi, satu Store, satu pengalaman dan banyak perangkat. Dari sensor terkecil di perangkat terkoneksi sampai tablet, PC, smartphone, TV, Xbox, tidak pernah ada sebelumnya ekosistem komprehensif seperti ini," ucap Samer Abu Ltaif, Regional General Manager, Microsoft Gulf.


- via inet.detik.com

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 TeknoSains. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.