Senin, 27 Juli 2015

TeknoSains 7 : Review Game Skyrim

By Haekal   Posted at  15.31   Game No comments


1.    OVERVIEW

Skyrim merupakan sekuel dari 2006 Game of the Year TES IV: Oblivion dan TES III: Morrowind. Game ini adalah game Action RPG berbasis kamera orang ketiga maupun pertama. Dikembangkan oleh developer game kondang, Bethesda Game Studios dan dirilis pada tanggal 11 November 2011 untuk PS3, XBOX 360 dan PC.

2.    PLOT / STORYLINE

Game ini mengambil setting di salah satu provinsi di Tamriel yaitu Skyrim dan mengambil waktu 200 tahun setelah event dari game sebelumnya, Oblivion. Game dimulai dengan cutscene dimana ente lagi menumpangi kereta kuda bersama beberapa tawanan lainnya. Hendak dihukum mati di desa bernama Helgen. 
But everything is fucked up. Ketika ente mau dipenggal, eh tiba-tiba ada naga yang bernama Alduin “nyelamatin” ente dan ngebakar habis Helgen. Ente pun memanfaatkan kesempatan ini buat kabur. Beberapa saat kemudian ente menyadari ente adalah seorang ‘Dragonborn’. Orang yang bisa membunuh naga tersebut secara permanen. Dan dimulailah petualangan ente untuk menghentikan teror yang disebabkan Alduin beserta naga yang dibangkitkan olehnya.

3.    GAMEPLAY

Mungkin  kalo ente sudah pernah main game sebelumnya (Morrowind atau Oblivion) pasti ente sudah dapat gambaran mengenai gameplaynya. Jika belum, maka ane akan jelaskan. Like any other WRPG, you’ll create your character first. Ente bisa memilih setidaknya 10 ras yang ada yaitu Altmer (High Elf), Argonian, Bosmer (Wood elf), Breton, Dunmer (Dark Elf), Imperial, Khajiit, Nord, Orsimer (Orc), dan Redguard. Selain itu ente bisa mengkotumisasi fisik karakter ente seperti mancungin hidup, lebarin mata, dll.
         “Apa yang membuat Skyrim ‘berbeda’ dari game-game RPG lainnya?”

Oke, ada satu unsur yang membuat Skyrim berbeda. Yaitu unsur Freedomnya. Ente bisa lakuin hal apapun yang ente mau, termasuk ngebunuh NPC, ngerampok rumah, naik kuda, bangun rumah, makan, sampai nikah!
Yep, ente gak salah baca, NIKAH!
Semuanya bisa ente lakuin.

Selain unsur freedomnya, game ini hampir tidak memliki batasan. Ada puluhan dungeon untuk dijelajahi, ratusan jenis musuh untuk dibunuh, dan ribuan  senjata dan spell untuk didapatkan  yang tersebar diseluruh Skyrim yang akan membuat ente sibuk selama 400+ jam lebih. Questnya pun beragam. Mulai dari main quest yang terdiri dari 19 quest, hingga quest yang diberikan faksi-faksi yang terdapat di Skyrim.

Kurang rasanya jika berbicara RPG tanpa membahas combat systemnya. Oke, combat systemnya agak simpel dari seri sebelumnya. Kamu tinggal tebas-tebas sampai tewas. Really that simpel.

Karena inilah combat nya terlihat membosankan dan monoton. Terlebih lagi variasi animasinya yang sedikit. Satu-satunya yang menarik adalah Killing cam. Killing cam akan menyorot cara kamu menghabisi musuh terakhir yang ada. Cukup memanjakan mata.
Senjatanya sendiri terdiri dari beberapa tipe yaitu:
a.     Senjata satu tangan
         -         Dagger
         -         Mace
         -         Sword
         -         War Axe
b.    Senjata dua tangan
         -         Battleaxe
         -         Greatsword
         -         Warhammer
c.     Panah
         -         Bow
         -         Arrow
         -         Crossbow
         -         Bolt
Untuk spell sendiri terdapat beberapa variasi yang lumayan banyak yaitu:
    a.     Conjuration: Berguna untuk summon monster atau senjata yang bisa membantu saat combat.
    b.    Destruction: Berguna untuk melukai musuh .
    c.     Illusion: Berguna untuk membuat ilusi seperti spell invisibility atau menghilang.
    d.    Alteration: Hampir sama seperti conjuration, tetapi Alteration hanya mengubah stat senjata selama beberapa menit.
    e.     Restoration: Seperti namanya, jenis spell ini berguna untuk healing HP, stamina maupun mana.

Nah, ada satu hal yang membuat Skyrim terus dimainkan hingga saat ini. Yep, MOD!
Mod merupakan modifikasi untuk mengubah gameplay, grafis, hingga menambahkan konten yang tidak ada di gamenya.


Mod sendiri bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu lore friendly dan non-lore friendly. Lore friendly merupakan mod yang menambahkan konten yang tidak melenceng dari suasana/atmosfer gamenya, mod armor dari kulit misalnya. Sedangkan non-lore friendly menambahkan konten yang bener-bener ngebuat atmosfer gamenya hancur seperti mod minecraft diatas.


Dengan kebebasan dan konten yang tanpa batas, Skyrim tentu memiliki beberapa glitch atau bug yang terbilang banyak dan terkadang membuat gamenya sendiri crash. Namun hal ini bisa diatasi dengan unofficial patch yang banyak tersebar diinternet.

4.    VERDICT

Pros: + Atmosfer dunianya
                   + Unsur Freedomnya
                   + NAKED MOD! 

Cons:  - Bug
          - Combat agak membosankan dan monoton
- IvanHavis

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 TeknoSains. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.